Mengintip Lebih Dalam Kerja Nyata Seorang Figur Bupati Terbaik, Meki F Nawipa

Meki F Nawipa adalah satu satunya bupati Paniai periode 2018-2023 yang telah membuat banyak terobosan-terobosan di Tanah Wiesel Meren. Berikut telah saya rangkum beberapa kinerja nyata yang telah di rampungkan oleh Mr Meki F Nawipa semasa menjabat sebagai bupati Paniai periode 2018-2023. Daftar prestasi & pencapaian seorang Mantan Bupati Paniai 2018-2023 adalah sebagai berikut;

  1. Pengangkatan CPNS formasi 2018 100% adalah orang asli Papua (OAP).
  2. Menepati tenaga kontrak guru 190 tenaga di 7 titik selama 5 tahun kemimpinan Mr. Meki
  3. Menepati tenaga nakes atau tenaga kesehatan di 7 titik dan pos yandu di seluruh Paniai selama 5 tahun.
  4. Membuka lapangan kerja bagi para petani; seperti kopi, perikanan dan peternakan di beberapa kampung pinggiran Paniai.
  5. Memberikan uang binaan kepada seluruh pengusaha di Paniai untuk di pengembangan usaha nya.
  6. Membangun GOR tipe B Pudotadi Paniai 100% kelas nasional.
  7. Mengaspal beberapa jalan pintas di kota Enarotali dan jalan Raya Madi Enarotali ful aspal dimasa pemerintahan Mr. Meki Nawipa.
  8. Memberikan uang setiap 3 bulan kepada seluruh lansia di kabupaten Paniai.
  9. Menyekolahkan anak yatim-piatu dari distrik yang terjangkau dari kota Enarotali di biayai full Pemda Paniai selama 16 tahun, mereka saat ini sedang bersekolah di Sekolah Papua Harapan (SPH) Sentani.
  10. Menyekolahkan siswa yang orang tua nya yang tidak mampu di sekolah genius, SMA presiden tanjung lesung – di biayai full Pemda Paniai.
  11. Membiayai putra-putri Asli Paniai di Amerika lebih khusus di Corban University, Seattle Pacific University dan Oregon State University di biayai full Pemda Paniai semasa jabatan Mr. Meki, meskipun masa jabatan nya sudah berakhir beliau sudah tanggung jawab penuh.
  12. Membiayai Pilot & Dokter Putra-putri asli Paniai. Mereka berstudi di Universitas Pelita Harapan (UPH) Dokter. Dan Angkasa Aviation Academy (AAA) & Perkasa Flight School (PFS) Pilot, selain itu ada pula beberapa putra-putri yang sedang berstudi di Surabaya biaya full Pemda Paniai kerja sama Yayasan Kaki Dian Emas (YKDE).
  13. Merenovasi sekolah Yang Rusak di beberapa titik Paniai & membangun sekolah model nasional di 7 titik kabupaten Paniai.
  14. Membangun rumah sakit di distrik yang terjangkau dari kota Enarotali, Ibu kota Paniai.
  15. Membangun jembatan gantung di distrik Bayabiru dan Dogomo.
  16. Membangun Gereja Sentral Kingmi dan Katolik di Paniai
  17. Memberikan bantuan pembangunan gereja di setiap denominasi di Paniai.
  18. Pengangkatan K2 Paniai ful 90% Orang Asli Paniai (OAP).
  19. Memperjuangkan jaringan internet (4G) dan PLN 24 jam di tiga kabupaten hingga berhasil, tadinya listrik tidak nyala 24 jam, sekarang listrik & jaringan 4G lancar 24 jam.
  20. Mengadakan kegiatan-kegiatan Olahraga di Paniai untuk menghibur semua orang Paniai hingga beberapa konser & events olahraga telah diadakan.
  21. Mengunjungi di seluruh distrik Kab. Paniai dan memberikan bantuan.
  22. Memberikan jabatan birokrasi tanpa perbedaan marga, keluarga dan lainya.
  23. Merenovasi beberapa kantor di lingkungan Pemda Paniai.
  24. Menertibkan seluruh ASN di Pemda Paniai selama 5 tahun pemimpin nya.
  25. Membangun jembatan di seluruh jln trans Papua di Paniai.
  26. Memasang jaringan BTS di seluruh distrik yang jauh’ dari kota Enarotali
  27. Aktif masuk kantor setiap hari dan mulai kerja sampai jam 6 sore.

Inilah sedikit dari sekian banyak program kerja yang sudah figur terbaik, Mr. Meki F Nawipa kerjakan selama menjabat bupati periode 2018-2023, semoga kedepan ada figur bupati seperti Mr. Meki F Nawipa sehingga kedepan Paniai bisa lebih maju lagi. Oh iya, kita juga tak lupa do’akan semoga Mr. Meki F Nawipa masuk for 01 Papua Tengah agar Mepagoo bisa dibangun oleh figur terbaik Mr. Meki F Nawipa. Tuhan sayang tong semua.

By Bukamo Wiayai

Published by Mr. Jems

"A person may be clever and great to the skies, but as long as he/she does not write, he/ she will be lost in society and from history. Writing is work for eternity."

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started